Berita

Belajar Website dan Landing Page

19 Agustus 2019 - Digital Marketing

BELAJAR APA HARI INI?


Hari ini tanggal 14 Agustus 2019 kami diajarkan bagaimana caranya membuat Website, Landing Page. Mungkin sebagian besar dari kita tidak paham atau belum pernah mengenal tentang materi yang sudah disebutkan di atas. Nah, diartikel kali ini saya akan menceritakan sebagian besar materi yang sudah dipelajari hari ini. Sebelum saya membahas tentang materi yang saya pelajari hari ini, mungkin di benaknya kita akan berpikir; Apakah membuat Website, Landing Page susah atau tidak? Apa itu Website atau Landing Page?, Apa keuntungannya bagi kita atau bagi orang yang ingin berbisnis?. Nah untuk menjawab pertanyaan yang sering muncul seperti contoh di atas, akan saya bahas dalam artikel kali ini sesuai dengan materi yang sudah kami pelajari.
Tentunya dalam pembelajaran hari ini  sebelum warga belajar tahu bagaimana langkah-langkah membuat website, Landing Page. Tentunya yang pertama dijelaskan mengenai arti, fungsi dan manfaat dari website dan Landing page.


Apa itu website?
Website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berisikan kumpulan informasi berupa data teks, gambar animasi, audio, video maupun gabungan dari semuanya yang biasanya dibuat untuk personal, organisasi dan perusahaan. Dari pengertian website tersebut dapat dibedakan menjadi 2 yaitu web bersifat statis dan dinamis. Bersifat statis apabila isi informasinya tetap dan isi informasinya hanya dari pemilik website, sedangkan web yang bersifat dinamis apabila isi informasinya selalu berubah-ubah dan dapat diubah-ubah oleh pemilik maupun pengguna website. Contoh web statis antara lain  website profil perusahaan sedangkan contoh web dinamis seperti facebook, twitter dll.

Sedangkan apa saja yang harus disiapkan untuk membuat website?.
Dalam materi kali ini juga dijelaskan untuk membuat website perlu adanya persiapan juga, seperti:

  1. Hosting    :    (disebut juga web hosting / sewa hosting) adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program dll. Sedangkan contoh dari jenis hosting itu sendiri ada banyak yaitu seperti komputer, makanan dll.
  2. Domain    :    Nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi server komputer agar lebih muda diingat. Contoh nama domain seperti (.org, .net, .info, dll). Dalam membuat nama domain tentunya nama domain yang digunakan harus baik dan bermakna positif seperti : Mudah diingat atau dalam hal ini sebaiknya singkat, mudah diketik dan menghindari salah pengetikan, unik atau dalam artian tidak mirip dengan yang lain, relevan menjelaskan jenis bisnis, bermakna positif/netral, dan tidak mengandung karakter lain.
  3. Sistem web
    Setelah mengetahui tentang apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat website dalam materi kali ini juga dijelaskan Mengapa kita harus mempunyai website? Karena lebih mudah ditemukan oleh calon pengguna, menjadi lebih profesional (meningkatkan kepercayaan pelanggan), memiliki sales 24/7 jam dalam artian dapat diakses kapanpun, dimanapun oleh calon pelanggan.

Dalam materi kali ini juga perlu diketahui bahwa saat ini juga untuk website produk itu sendiri juga sudah dikuasai oleh marketplace raksasa seperti contoh ( Toko pedia, Bukalapak, Shoopie dan masih ada yang lainnya). Contoh website yang baik itu adalah website dapat dilihat atau dapat diaplikasikan baik itu menggunakan (Handphone, Tablet, dan Komputer) keadaan gambarnya jelas terlihat, nama domain yang bermakna positif, tujuan situs yang dibuat harus jelas, desain web harus menarik seperti mempunyai ( Header, footer dan navigasi), mudah diakses dari seluler, dan tentunya mencari konten yang bermanfaat untuk pelanggan.

Tentu ada alasan mengapa harus mempunyai website di era digital seperti sekarang ini karena, setelah memiliki website untuk bisnis, kita dapat dengan mudah ditemukan oleh calon pelanggan di laman penelusuran atau search engine. Karena aktifitas tertinggi nomor 2 untuk pengguna internet di Indonesia yaitu melihat informasi produk melalui online/ internet.

Alasan mengapa perlu adanya elemen penting dalam mendesain web karena, desain web sama seperti fashion, selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Da trend yang sama sekali baru, ada pula yang merupakan pengulangan dari trend beberapa tahun ke belakang. Tetapi elemen desain web bukan hanya agar web elok dipandang, tapi juga agar memudahkan pembaca ketika menjelajahi web kita. Dengan kata lain meningkatkan user experience. Elemen website itu seperti adanya header, main content, side bar, footer dan lain sebagainya.

Materi berikutnya yang di pelajari adalah tentang Landing Page, sama halnya dengan website, tentu landing page mempunyai arti dan fungsi yang berbeda.

Perbedaan antar website dan landing page yang kami dapat dalam pelajaran hari ini adalah dilihat dari aspek antara website dan landing page tentunya mempunyai sisi tujuan, audiens, konten dan desain yang berbeda dan mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

  1. Tujuan dari website itu adalah menyampaikan Company Profile dan Bisnis kita sedangkan tujuan dari landing page adalah spesifik untuk penawaran, promo dan sejenisnya.
  2. Sedangkan di lihat dari sisi audiens, website ditujukan untuk umum dalam artian semua orang tetapi audiens untuk landing page khusus dan lebih tersaring. Sedangkan dilihat dari sisi konten untuk website umum dan terpisah di halaman lain dan sisi konten dari landing page  khusus, biasanya diawali penawaran dan diakhiri dengan hasil tertentu.
  3. Untuk sisi desain juga untuk website dan landing page mempunyai perbedaan masing-masing yaitu sisi desain dari website komplit dan banyak menu sedangkan landing page desainnya sederhana.


Ternyata untuk mengetahui kegunaan dan fungsi dari Website dan landing page bahkan mempelajari cara membuat Website dan landing page cukup dengan hal yang mudah dan sederhana tidak memerlukan waktu yang panjang untuk mengerjakannya.


Jika ada dari teman-teman yang ingin mengetahui dan mempelajari tentang Website dan landing page yang sudah terlebih dahulu kami pelajari, bisa datang dan daftarkan diri di Lembaga Pelatihan Ekklesia Komputer yang beralamat di Jl. Sam Ratulangi 2, Gang 3, Walikota-Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Yang tentunya lembaga pelatihan ini tidak diragukan lagi keabsahannya karena telah TERAKREDITASI, dan disini juga menyediakan tenaga pengajar yang masing-masing mempunyai kelebihannya dan berkompeten dibidangnya.


Tunggu apa lagi?, kapan lagi? Kalau bukan hari ini.

Info lebih lanjut Hub :

LEMBAGA PELATIHAN EKKLESIA KOMPUTER
Jl. Sam Ratulangi 2, Gang 3, Walikota-Kota Kupang, Prov. Nusa Tenggara Timur.

Website  :        www.ekklesiakomputer.com / kursuskomputerkupang.com

Ingin bertanya lebih lanjut hubungi kami dengan klik link ini

Admin-ST (#88 views)

  Kirim ke Teman   Cetak halaman ini   Posting komentar  Share on Facebook

Komentar Untuk Berita Ini (1)

AGENDA

September 2019
MSSRKJS
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930

    PENDAPAT

    Menurut anda, pelayanan dilembaga kami baik layanan administrasi dan pelatihan??






    Lihat Hasil